PROGRAM KERJA DKM MASJID AL MUKMIN KELAPA GADING TAHUN 2022/ 1443-1444 HIJRIAH
1005 Pembaca

22-12-2021



PROGRAM KERJA DKM MASJID AL MUKMIN KELAPA GADING
TAHUN 2022/ 1443-1444 Hijriah

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah Subhanahu wa Ta'ala segala lindungan dan rahmat-Nya menyusun program kerja ini dapat terselesaikan. Program kerja ini bertujuan untuk dijadikan panduan dalam pelaksanaan kegiatan yang akan berlangsung di Masjid MASJID AL MUKMIN KELAPA GADING Tahun 2022.

Dalam pelaksanaannya pengurus DKM tentu tidak dapat berdiri sendiri, oleh karena itu kerjasama serta dukungan Pembina, Yayasan dan seluruh tokoh pemuka masyarakat, tokoh agama yang berada di lingkungan Masjid, baik moril maupun materiil sangat dibutuhkan bantuan dan dukungannya.

Untuk hal tersebut, demi terlaksananya seluruh program yang disusun ini maka kebersamaan dari seluruh komponen yang ada diharapkan dapat terjalin dengan baik sebagaimana yang dicita-citakan bersama.

VISI

  1. peningkatan Fungsi Masjid Al Mukmin Sebagai Sarana Ibadah dan Pemberdayaan Umat Guna meningkatkan Ke Imanan dan Ke Taqwaan Terhadap ALLAH Subhanahu Wata'ala.
  2. Menjadikan Masjid Al Mukmin Sebagai Pusat Kegiatan dan Sarana Persatuan Umat Islam Di Kelurahan Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading Dalam Menggapai Ridho ALLAH Subhanahu Wata'ala.


Misi

1. peningkatan Kemakmuran Masjid :

  • peningkatan Kegiatan Ibadah Jamaah Sesuai Dengan Tuntunan Al Qur'an dan As-Sunnah.
  • peningkatan Pembinaan Dan Pelayanan Umat Dalam Peribadatan Serta
  • Membangun Ukhuwah Islamiyah.
  • peningkatan Ke ilmuan Dan Kompetensi Keagamaan Umat Yang Bersumber
  • Kepada Al Qur'an Dan As Sunnah.
  • dari Generasi Muda Islam Yang Agamais, Taqwa, Dan Berjiwa Al Qur'an.

2. Mengelola Organisasi Dan Administrasi Masjid :

  • peningkatan Profesionalisme Dalam Pengelolaan Masjid.
  • Membangun Sistem Dan Prosedur Kerja Masjid Yang Tertib, Transparan Dan Dapat Dipertanggung Jawabkan.

3. Memelihara Bangunan Fisik Masjid.

4. peningkatan Pelayanan Sosial.

  • peningkatan Kuantitas Dan Kualitas Pengelolaan ZIS (Zakat, Infaq, Shodaqah) Dan Qurban.
  • Pemberian Pelayanan Sosial Kepada Warga Masyarakat Kelurahan Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading, Terutama Yang Terkena Sakit Ataupun Musibah.

I. RUTIN KEGIATAN (WAJIB)

Allah Subānahu Wataʿālā, berfirman: “Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain Allah, maka merekalah yang termasuk golongan orang- orang yang selalu mendapat petunjuk (dari Allah Ta'ala)” (QS At-Taubah: 18).

Dalam hadits yang diriwayatkan Abu Hurairahradhiallahu'anhu bahwa Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam mengatakan: “Ada tujuh golongan manusia yang akan dinaungi oleh Allah dalam naungan (Arsy)-Nya pada hari yang tidak ada naungan (sama sekali) kecuali naungan-Nya… (di antara lain): Seorang hamba yang selalu setia dengan masjid” .
Imam an-Nawawi berkata: “Artinya: dia sangat mencintai masjid dan selalu menetapinya untuk melaksanakan shalat berjamaah”.

Makna memakmurkan masjid adalah menetapinya untuk melaksanakan ibadah di dalamnya dalam rangka mencari keridhaan-Nya, misalnya shalat, berdzikir kepada Allah Subḥānahu Wataʿālā dan mempelajari ilmu agama. Juga termasuk maknanya adalah membangun masjid, menjaga dan memeliharanya. Dua makna inilah yang diungkapkan oleh para ulama Ahli tafsir ketika menafsirkan ayat dia atas. Imam Ibnul Jauzi berkata: “Yang dimaksud dengan memakmurkan masjid (dalam ayat di atas) ada dua pendapat:

1. Selalu mendatangi masjid dan berdiam di dalamnya (untuk beribadah kepada Allah Subḥānahu Wataʿālā)

Kegiatan yang dilaksanakan oleh DKM dalam memakmurkan masjid yaitu :
1. Sholat Fardhu
2. Sholat Jum’at.
3. Sholat Iedul Fitri dan Iedul Adha.
4. Sholat Gerhana jika ada
5. Menyelenggarakan/ memperingati hari-hari besar umat Islam, Isra’ Mi’raj,
6. Maulid Nabi, Tahun Baru Muharram dan Nuzulul Qur’an.

Sholat Iedul Fitri akan bertindak sebagai Khotib & Imam Ustadz Dr . MARHADDI MUHAYYAR.MA
Sholat Iedul Adha akan bertindak sebagai Khotib & Imam Ustadz KH Syatibi Al Farouq. MA

II. KEGIATAN PENDIDIKAN/ TARBIYAH

1. Pengajian Anak & Remaja (Gerakan Dzhuhur,Ashar&Maghrib Mengaji)

Firman Allah SWT dalam Al quran :
“Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, ketika ia memberi pelajaran kepadanya, ‘Wahai anakku! Janganlah engkau memperskutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezhaliman yang besar.’” [Luqman: 13]

Sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam:
“Kamu sekalian adalah pemimpin, dan kamu sekalian bertanggung jawab atas orang yang dipimpinnya. Seorang Amir (raja) adalah pemimpin, seorang suami pun pemimpin atas keluarganya, dan isteri juga pemimpin bagi rumah suaminya dan anak-anaknya. Kamu sekalian adalah pemimpin dan kamu sekalian akan diminta pertanggungjawabannya atas kepemimpinannya.”

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Suruhlah anak kalian shalat ketika berumur 7 tahun, dan kalau sudah berusia 10 tahun meninggal-kan shalat, maka pukullah ia. Dan pisahkanlah tempat tidurnya (antara anak laki-laki dan anak wanita).

Pengajian anak & remaja di masjid Al Mukmin dibagi dalam beberapa kelompok, diantaranya :
• Kelompok SD, dengan program membaca Alquran dan tahfizh oleh Ustadz Damanhuri.
• Kelompok Remaja, dengan program Tahsin dan Tahfizh oleh Ustadz Nasrudin.
Target dari kegiatan ini adalah anak-anak dapat lancar membaca Al Quran dan menghafal sampai dengan juz 30.

Selain mengajarkan Al quran, diajarkan pula tentang :
• Cara berwudhu.
• Cara Sholat.
• Adab dan akhlaq.

Kami membentuk IKRAM ( Ikatan Remaja Al Mukmin) bertujuan sebagai gerasi PENERUS, membuat kegiatan positif latihan jadi khotib, pelatihan muadzin, bilal ramadhan , sholat jumat, pelaksana kegiatan-kegiatan hari besar, misalnya: Isra’ Mi’raj, Maulid Nabi, Tahun Baru Muharram dan Nuzulul Quraan, sholat Idul Fitri, sholat Idul Adha dan kegiatan lainya.

Mereka berlatih Marawis sekali dalam setiap bulannya di bimbing oleh Ustadz Asqur , dengan tujuan untuk mengisi kegiatan acara hari besar Islam.

2. Pengajian Rutin

DKM mengadakan pengajian khusus Dewasa setiap Ahad Ba’da Magrhib oleh Ustadz Damanhuri
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
“Barangsiapa membuat suatu perkara baru dalam urusan kami ini (urusan agama) yang tidak ada asalnya, maka perkara tersebut tertolak” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Barangsiapa melakukan suatu amalan yang bukan berasal dari kami, maka amalan tersebut tertolak” (HR. Muslim)

Dalam riwayat An Nasa’i, “Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan yang disesatkan olehAllah tidak ada yang bisa memberi petunjuk padanya. Sesungguhnya sebenar-benar perkataan adalah Kitabullah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam. Sejelek-jelek perkara adalah (perkara agama) yang diada-adakan, setiap (perkara agama) yang diada-adakan itu adalah bid’ah, setiap bid’ah adalah kesesatan dan setiap kesesatan tempatnya di neraka” (HR. An Nasa’i, dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan An Nasa’i)

3. Pengajian Tematik

Yaitu pengajian dengan mengundang Ustadz yang ahli dibidangnya .
• Setiap hari Sabtu ba’da Subuh mengkaji Tafsir Al Qur’an, Adab & Akhlaq Oleh Ustadz Ahmad Matin LC.
• Setiap hari Ahad ba’da Subuh Kajian Ilmu dari Ustadz yang ahli dibidangnya masing-Masing ; Sirah Nabi SAW, ulumul Qur’an, ulumul Hadist, Ushul Fiqih dan Tauhid.

4. Pesantren Ramadhan.

Mengingat perlunya Remaja berbekal Ilmu Agama, kami berencana melaksanakan Pesantren Ramadhant selama 6 hari dari jam 09.00- 12.00 dengan Pengajar 3 Ustadz dengan kurikulum Tauhid, tafsir, hadis, ushul fiqh, tasawuf, bahasa arab (Nahwu, sharaf, balaghah dan tajwid).

5. Tilawah Al Qur’an one day one Juz
Setiap malam setelah Sholat Tarawih diadakan Tilawah Al Qur’an satu Juz setiap malam selama bulan Ramadhan di pandu oleh Ustadz Damanhuri.

III. PENERIMAAN ZIS dan QURBAN

Zakat, Infak dan Sodaqoh termasuk amal ibadah yang dianjurkan untuk dibayarkan dalam ajaran agama Islam. Ibadah tersebut dilakukan dengan cara memberikan sesuatu yang kita miliki yang membawa manfaat bagi orang lain.

Pengertian zakat adalah mengambil sebagian harta dengan ketentuan tertentu untuk diberikan kepada kelompok tertentu. Menurut kewajiban melakukannya, zakat adalah amal ibadah yang wajib dijalankan oleh setiap muslim yang dikenai kewajiban membayar zakat dan diberikan kepada 8 golongan masyarakat.

DKM akan menyalurkan kepada yang berhak dan melaksanakan Jum’at berkah setiap ba’da sholat Jum’at, memberikan beras setiap bulannya untuk Fakir Miskin dan menyantuni anak Yatim sesuai dana yang diterima.

ZIS Iedul Fitri juga diberikan kepada yang berhak melalui data yang akurat dari RT setempat dan lingkungan, semua akan dibacakan pada Mimbar Iedul Fitri penerimaan dan pengeluaran secara transparan.

Qurban juga akan disalurkan langsung kepada yang membutuhkan sehingga tidak berdesak-desakan dalam penerimaan Daging Qurban, semua akan diumumkan secara transparan yang akan diterima dan dikeluarkan pada dimimbar pada Sholat Iedul Adha.


IV. PENUTUP

Program Kerja DKM Masjid Al Mu'min pada dasarnya adalah merupakan amanah organisasi yang harus dilaksanakan oleh pengurus sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang ada serta partisipasi aktif jamaaah. Karena itu dinamika kegiatan DKM Masjid Al Mu'min sangat dipengaruhi oleh pengurus dalam menjabarkan dan merealisasikan program kerja ini.

Dengan usaha yang terencana, tera.

 

Tabel 1

 

Tabel 2

 

Tabel 3

Tabel 4