SAMBUTAN KETUA DEWAN KEMAKMURAN MASJID AL-MUMIN IDUL FITRI 1 SYAWAL 1445 H
339 Pembaca

10-04-2024



SAMBUTAN KETUA DEWAN KEMAKMURAN MASJID AL-MU'MIN
IDUL FITRI 1 SYAWAL 1445 H


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Allahu akbar 3x, Allahu akbar 3x, Allahu akbar 3x  Allahu akbar kabiro walhamdulillahi kasiro, wa subhanallahibukrotawwaasila, laillahaillah Wallahu Akbar, Allahu Akbar wa lillahil hamd.

001

 Pertama tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur  kehadirat Allah subhanahu wa ta’ala, yang mana telah memberikan kepada kita semua segala nikmat, baik nikmat jasmani maupun rohani sehingga kita dapat bekumpul pada hari yang berbahagia ini, hari kemengan kita . Setelah sebulan lamanya kita berpuasa, maka sekarang tiba-lah masanya kita tumpahkan rasa senang dan rasa haru. Kita ungkapkan sepenuh hati rasa gembira dan rasa syahdu, sembari mengagungkan Nama Allah Azza wa Jalla. “Allahu Akbar x 3 wa lillahil hamd”. 

Saudaruku, kaum muslimin dan muslimat!

Wajar saja kalau kita punya rasa haru dan syahdu. Kita yang bergelimang doa ini, oleh Allah subhanahu wa ta’ala masih diberikan kesempatan langka untuk menghirup dan bernafas di bulan yang suci. Sekalipun sepenuh hati kita mengakui, bahwa kita belum bisa manfaatkan waktu siang dan malam bulan Ramadan secara maksimal. Oleh sebab itu, beruntunglah kita di pagi hari ini, datang berduyun-duyun dari tempat tinggal kita, menuju mesjid tempat yang suci ini untuk menjalankan sholat Idulfitri secara berjamaah. Kita bermunajat untuk mengetuk bilik-bilik rahmat-Nya Allah subhanahu wa ta’ala. Pada hari ini 1 Syawal 1445 Hijriyah , kita rayakan lebaran bersama-sama penuh suka cita dengan mengumandangkan takbir: “Allohu Akbar x3 wa lillahil hamd”. Marilah kita bersama memohon kepada Allah subhanahu wa ta’ala semoga kita diberi kesempatan untuk bertemu kembali dengan bulan Ramadhan pada tahun yang akan datang dan marilah kita tingkatkan ketaqwaan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan segenap kemampuan berusaha melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Saudaruku, kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia.

Selain kita bertekad untuk memperbaiki hubungan kita dengan Allah Yang Maha Pencipta, pada moment Idul Fitri kali ini, kita selayaknya juga memperbagus hubungan saudara, pertalian kerabat, dan interaksi sosial bermasyarakat. Dalam ajaran Islam telah diatur bahwa menjalin hubungan baik “Hablum minan-naas” sama pentingnya dengan “Hablum minallah” Sebagai manusia yang tak luput dari salah dan alpa, baik kesalahan kita disengaja maupun tidak disengaja. Baik kepada keluarga, saudara, tetangga, maupun teman dan kerabat. Marilah kita perbaiki dengan bermaaf-maafan.

Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Junjungan kita semua, Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, kepada para shahabatnya,  dan semoga tersampaikan juga kepada kita semua sebagai umatnya sampai yaumul akhir. Amin Ya Allah Ya Robbal Alamin.

Saudaruku, kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia.

Saya selaku ketua DKM (Dewan Kemakmuran Masjid)  Al Mu’min pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan beberapa hal  berkaitan dengan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan di Masjid Al Mu’min  tahun ini. Masjid Al  Mu’min, Alhamdulillah telah melaksanakan Pesantren Ramadhan dengan diikuti  45 orang Santriwan dan santriwati. Pada 17 Ramadhan 1445 Masjid Al Mu’min  telah berbagi kepada saudara kita 100 orang  anak Yatim & Piatu , sekaligus berbuka puasa bersama. Kegiatan  Tilawah &Tadarus  Al Qur’an setiap malam 1 Juz setelah Qiyamu Ramadhan telah kami laksanakan dan Alhamdulillah hatam 30 Juz. Dan melaksanakan I’tikaf di 10 hari terakhir Ramadhan 1445H, Pada tanggal 27 Ramadhan kami melaksanakan  Muhasabah bersama sama Jamaah dan Pengurus Masjid Al Mu’min di pandu Oleh K.H. Dr Tgh Achmad Jamiluddin M.Pd.I.

Dalam hal penerimaan Zakat infaq sodaqoh, Panitia mencatat yang membayar ZIS sebagai berikut ;  Zakat fitrah berupa uang Rp.31.162.000 Sedangkan zakat fitrah yang berupa beras sebanyak 450 kg. Penerimaan Zakat Maal berjumlah Rp. 6.350.000  Fidiyah sebesar Rp. 2.300.000 dan Infaq / Shodaqoh Rp. 5.975.000.

Penyaluran sudah kami berikan kepada para mustahiq yang berhak menerima sesuai  8 Asnaf yaitu Fakir, Miskin, Amil, Muallaf, Riqab, Gharimin, Fisabilillah dan Ibnu Sabil 35 orang, Fakir miskin dhuafa 250 orang tahfidz  Quran Assalam Atthahiriyah, Ponpes Al Ma'arif sa'diyah, dan Kasih sayang Insani yang dilaksanakan pada 29 Ramadhan 1445 H .

Terima kasih kepada Jamaah masjid Al Mu’min dan warga masyarakat Kelapa Gading yang telah mempercayakan pelaksanaan Zakat, Infaq & Sodaqohnya  kepada Panitia Zakat  Masjid Al Mu’min, semoga harta yang telah dikeluarkan Muslimin wal Muslimat, Mu'minin wal Mu'minat di terima Oleh Allah subhanahu wa ta’ala dan menjadi pembersih diri serta menjadi sebab ditambahkan dan ditumbuhkan hartanya.

Akhirnya, di hari yang fitri ini, kami  atas Nama seluruh Pengurus Masjid Al Mu’min menyampaikan permohonan maaf apabila dalam memberikan Pelayanan di masjid  Al Mu’min Jauh dari Sempurna.   “Taqabbalallahu Minna wa Minkum Shiyamana wa Shiyamakum”  .” Semoga Allah menerima amal Ibadah Puasa kita, dan ibadah- ibadah lainnya di bulan Ramadhan ini, serta senantiasa melimpahkan Rahmat dan Ridho-Nya kepada kita sekalian dalam bersama-sama membangun Masjid Al Mu’min yang lebih baik lagi.     

Akhirul kalam Billaqhi taufik wal hidayah.Wassalamualaikum Wr.Wb

Dapat kami sampaikan Imam Sholat Ied adalah al Mukarom Al Ustadz Damanhuriza dan Kothib hari ini adalah al Mukarrom  Dr.Sugiarto Sutomo MA dan untuk selanjutnya kami persilahkan kepada al Ustadz Damanhuriza meng Imami Sholat Ied 

 

Ketua DKM  Masjid Al Mu’min 

H. Hanibal 

 

DOKUMENTASI IDUL FITRI 1 SYAWAL 1445 H

4

2

3
5
1