PROGRAM KERJA DKM YAYASAN MASJID AL MUKMIN KELAPA GADING TAHUN 2024
288 Pembaca

01-01-2024



PROGRAM KERJA DKM YAYASAN MASJID AL MUKMIN KELAPA GADING

TAHUN 2024

Puji dan syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala segala lindungan dan rahmat-Nya program kerja ini dapat terselesaikan. Program kerja ini bertujuan dijadikan acara dalam pelaksanaan kegiatan yang akan berlangsung di Masjid Masjid AL MU’MIN Kelapa Gading Tahun 2024.

Dalam pelaksanaannya pengurus DKM tentu tidak dapat berdiri sendiri, oleh karena itu kerjasama serta dukungan seluruh tokoh pemuka masyarakat, tokoh agama yang berada di lingkungan Masjid, baik moril maupun materiil sangat dibutuhkan  dan dukungan dari YAYASAN Masjid AL MU’MIN Kelapa Gading yang akan sangat menentukan.

Untuk hal tersebut, demi terlaksananya seluruh program yang telah disusun ini maka kebersamaan dari seluruh komponen yang ada diharapkan dapat terjalin kerjasama dengan baik sebagaimana yang telah dicita-citakan bersama.

VISI

Meningkatkan Fungsi Masjid Al Mu’Min Sebagai Pusat kegiatan Pembinaan Aqidah, Ibadah, Akhlak, Ukhuwah, Pemberdayaan Umat dalam meningkatkan ke Ilmuan, keterampilan  guna Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap ALLAH Subhanahu Wata’ala.


MISI

1. Meningkatkan Kemakmuran Masjid :

* Meningkatkan Kegiatan Ibadah berjamaah Sesuai Dengan Tuntunan Al Qur’an dan As-Sunnah.

* Meningkatkan Pembinaan dan Pelayanan Umat Dalam Peribadatan Serta Membangun Ukhuwah Islamiyah.

* Meningkatkan Keilmuan dan Kompetensi Keagamaan Umat Yang Bersumber Kepada Al Qur’an Dan As-Sunnah.

* Menyiapkan Generasi Muda Islam Yang Agamais, Taqwa, Dan Berjiwa Al Qur’an.

2. Mengelola Organisasi dan Administrasi Masjid :

* Meningkatkan Profesionalisme Dalam Pengelolaan Masjid.

* Membangun Sistem Dan Prosedur Kerja Masjid Yang Tertib, Transparan dan Dapat Dipertanggung Jawabkan.

3. Memelihara Bangunan Fisik Masjid.

4. Meningkatkan Pelayanan Sosial :

* Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Pengelolaan ZIS (Zakat, Infaq, Shodaqah) Dan Qurban.

* Memberikan Pelayanan Sosial Kepada Warga Masyarakat Kelurahan Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading .

PROGRAM KERJA 2024

Keterangan : *) Vidio di Siarkan secara live melalui Chanel Masjid TV Al-Mu’min

Bersatu   Dalam  Aqidah,   Berjamaah  Dalam  Ibadah,   Berpedoman  Pada  Al Qur’an & As Sunnah

                                     

I. KEGIATAN RUTIN (WAJIB)

Allah Ta’ala berfirman:

Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain Allah, maka merekalah yang termasuk golongan orang-orang yang selalu mendapat petunjuk (dari Allah Ta’ala)” (QS At-Taubah: 18).

Dalam hadits yang diriwayatkan Abu Hurairahradhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Ada tujuh golongan manusia yang akan dinaungi oleh Allah dalam naungan (Arsy)-Nya pada hari yang tidak ada naungan (sama sekali) kecuali naungan-Nya… (di antaranya): Seorang hamba yang hatinya selalu terikat dengan masjid”.

Imam an-Nawawi berkata: “Artinya: dia sangat mencintai masjid dan selalu menetapinya untuk melaksanakan shalat berjamaah”.

Makna memakmurkan masjid adalah menetapinya untuk melaksanakan ibadah di dalamnya dalam rangka mencari keridhaan-Nya, misalnya shalat, berdzikir kepada Allah Ta’ala dan mempelajari ilmu agama. Juga termasuk maknanya adalah membangun masjid, menjaga dan memeliharanya. Dua makna inilah yang diungkapkan oleh para ulama Ahli tafsir ketika menafsirkan ayat dia atas. Imam Ibnul Jauzi berkata: “Yang dimaksud dengan memakmurkan masjid (dalam ayat di atas) ada dua pendapat:

1. Selalu mendatangi masjid dan berdiam di dalamnya (untuk beribadah kepada Allah Ta’ala) Kegiatan yang dilaksanakan oleh DKM dalam memakmurkan masjid yaitu :

1) SholatFardhu

2) SholatJum’at.

3) Sholat Iedul Fitri dan Iedul Adha.

II. KEGIATAN PENDIDIKAN/ TARBIYAH

1. Pengajian Anak & Remaja (Gerakan Dzhuhur, Ashar & Maghrib Mengaji)

Firman Allah SWT dalam Al quran :

“Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, ketika ia memberi pelajaran kepadanya, ‘Wahai anakku! Janganlah engkau memperskutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezhaliman yang besar.’” [Luqman: 13]

Sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam:

“Kamu sekalian adalah pemimpin, dan kamu sekalian bertanggung jawab atas orang yang dipimpinnya. Seorang Amir (raja) adalah pemimpin, seorang suami pun pemimpin atas keluarganya, dan isteri juga pemimpin bagi rumah suaminya dan anak-anaknya. Kamu sekalian adalah pemimpin dan kamu sekalian akan diminta pertanggungjawabannya atas kepemimpinannya.”

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Suruhlah anak kalian shalat ketika berumur 7 tahun, dan kalau sudah berusia 10 tahun meninggal-kan shalat, maka pukullah ia. Dan pisahkanlah tempat tidurnya (antara anak laki-laki dan anak wanita).

Pengajian anak & remaja di masjid Al Mukmin dibagi dalam beberapa kelompok, diantaranya :

2. Pengajian Rutin

Pengajian-Khusus-Ibu-ibu
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Barangsiapa membuat suatu perkara baru dalam urusan kami ini (urusan agama) yang tidak ada asalnya, maka perkara tersebut tertolak” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Barangsiapa melakukan suatu amalan yang bukan berasal dari kami, maka amalan tersebut tertolak” (HR. Muslim)

Dalam riwayat An Nasa’i, “Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan yang disesatkan olehAllah tidak ada yang bisa memberi petunjuk padanya. Sesungguhnya sebenar-benar perkataan adalah Kitabullah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam. Sejelek-jelek perkara adalah (perkara agama) yang diada-adakan, setiap (perkara agama) yang diada-adakan itu adalah bid’ah, setiap bid’ah adalah kesesatan dan setiap kesesatan tempatnya di neraka” (HR. An Nasa’i, dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan An Nasa’i)

Oleh karena itu, DKM mengadakan pengajian khusus Akhwat setiap Kamis Ba’da Isya.

3. Pengajian Tematik

Yaitu pengajian dengan mengundang Ustadz populer dan terkenal.

* Setiap hari Sabtu ba’da Subuh Pekan 1 & 3 mengkaji Tafsir Al Qur’an, Adab & Akhlaq.

* Setiap hari Ahad ba’da Subuh Tholabul Ilmi dari Ustadz yang ahli dibidangnya masing

masing ; Sirah Nabi SAW, ulumul Qur’an, ulumul Hadist, Ushul Fiqih dan Tauhid.

4. Pesantren Ramadhan.

Mengingat perlunya Remaja berbekal Ilmu Agama, kami berencana melaksanakan Pesantren Ramadhan  selama 6 hari dari jam 09.00- 12.00 dengan Pengajar 3 Ustadz yang ahli di bidangnya masing masing.

5. Tilawah Al Qur’an one day one Juz

Setiap malam setelah Sholat Tarawih diadakan Tilawah Al Qur’an satu Juz setiap malam selama bulan Ramadhan di pandu oleh Ustadz Damanhuri.

6. Muhasabah 28 Ramadhan.

Belajar dari kejadian masa lalu sebagai Ulul Albab sehingga lebih ber Taqwa, memperbaiki semua kekurangan dengan Taubat  sehingga lebih baik dari hari sebelumnya kedepannya.

III. PENERIMAAN ZIS dan QURBAN

Zakat, Infak dan Sodaqoh termasuk amal ibadah yang dianjurkan untuk dibayarkan dalam ajaran agama Islam. Ibadah tersebut dilakukan dengan cara memberikan sesuatu yang kita miliki yang membawa manfaat bagi orang lain.

Pengertian zakat adalah mengambil sebagian harta dengan ketentuan tertentu untuk diberikan kepada kelompok tertentu. Menurut kewajiban melakukannya, zakat adalah amal ibadah yang wajib dijalankan oleh setiap muslim yang dikenai kewajiban membayar zakat dan diberikan kepada 8 golongan masyarakat.

DKM akan menyalurkan kepada yang berhak dan melaksanakan Jum’at berkah setiap ba’da sholat Jum’at, memberikan beras setiap bulannya untuk Fakir Miskin dan menyantuni anak Yatim sesuai dana yang diterima.

ZIS Iedul Fitri juga diberikan kepada yang berhak melalui data yang akurat dari RT setempat dan lingkungan, semua akan dibacakan pada Mimbar Iedul Fitri penerimaan dan pengeluaran secara transparan.

Hewan Qurban juga akan di salurkan langsung kepada yang membutuhkan sehingga tidak berdesak desakan dalam penerimaan Daging Qurban , semua akan diumumkan secara transparan yang di terima dan dikeluarkan pada mimbar  Sholat Iedul Adha.

IV. PENUTUP

Program Kerja DKM Masjid Al Mu’min pada dasarnya adalah merupakan amanah organisasi yang harus dilaksanakan oleh pengurus sesuai dengan kemampuan dan Sumber Daya yang ada serta partisipasi aktif jamaah. Karena itu dinamika kegiatan DKM Masjid Al Mu’min sangat dipengaruhi oleh pengurus dalam menjabarkan dan merealisasikan program kerja ini.

Dengan usaha yang terencana, teratur, terus menerus dan penuh kebijaksanaan, serta dengan mengharap pertolongan-Nya, in syaa Allah, apa yang telah diprogramkan dapat terlaksana dengan baik.

 

Ketua DKM

                                                                                                                                                                                                            H. HANIBAL