SEPULUH AMALAN DI USIA SENJA
2005 Pembaca

25-02-2021



SEPULUH AMALAN DI USIA SENJA
Oleh: Ustad Syatibi Al Faroek, MA

 

Allah Ajja wa jalla berfirman dalam surat Al-Hasyr (59), ayat 18:

bismillah

ayat 18

"Wahai orang-orang yg beriman! bertakwalah kpd Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yg telah diperbuatnya untuk hari esok (akherat), dan bertakwalah kpd Allah. Sungguh Allah Maha teliti thd apa yg kamu kerjakan"_

Berikut 10 amalan yang patut dilakukan oleh setiap mukmin lebih-lebih oleh mereka yg memasuki usia senja agar memperoleh ampunan dan ridho Allah kelak di akherat.

  1. Lebih memperhatikan amal2 wajib, sebab ibadah2 yang bersifat wajib (fardhu) merupakan kewajiban yang bersifat individual, yang harus dikerjakan sendiri2 oleh setiap muslim dan muslimah hingga ajal datang, selain itu amalan2 wajib adalah amalan yang dicintai oleh Allah ta'ala.
  2. Menghindari hal2 yang diharamkan oleh syariat. Jangan sudah tua malah maksiat jalan terus.
  3. Menambah amalan2 sunnah.
  4. Banyak2 Istighfar, membaca Tasbih, Tahmid, Tahlil, Takbir, dan bertaubat nasuha.
  5. Bersedekah dengan ikhlas dan istiqomah.
  6. Memperbanyak amalan2 ringan, tapi berpahala besar, seperti : berdzikir dan bershalawat, shalat sunnah Tahajud, shalat sunah fajar, berpuasa sunah senin, kamis, puasa ayyamul bidh dll.
  7. Rutin membaca dzikir pagi dan petang .
  8. Tetap aktif dalam tholabul 'ilmi (menghadiri majlis ta'lim).
  9. Rutin mempelajari al quran dan mentadaburinya (merenungkanya) lewat bahasan ulama dalam kitab tafsir {yang tentu lebih mendalam dari sekedar alquran terjemahan}.
  10. Berpesan kepada anak2 dan keturunan agar menjadi anak yang sholeh dan sholehah, gemar mendoakan orang tua baik saat masih hidup atau setelah meninggal, dan membantu mentalqin orang tua ketika akan meninggal.

Semoga bermanfaat dan semua amal ibadah kita diterima Allah SWT serta kita semua selalu mendapat Taufiq , Hidayah dan Ridho Allah SWT.

Aamiin Ya Mujibas Sa'iliin.

=====- SAF -======