SAMBUTAN KETUA MASJID AL-MUKMIN KELAPA GADING
1154 Pembaca

13-04-2021



SAMBUTAN KETUA MASJID AL-MU'MIN KELAPA GADING
1 Ramadhan 1442 H

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

SAMBUTAN

 

Segala pujian kita haturkan hanya kepada Allah Subhanahu wata’ala yang masih memberikan nikmat Iman, nikmat Islam, nikmat Kesehatan dan juga kita diberikan kenikmatan umur panjang sehingga kita bertemu dengan bulan Ramadhan yang penuh Rahmat dan Hikmah pada tahun ini.
Marilah kita senantiasa bertaqwa kepada Allah swt dengan sebenar-benar taqwa, melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjahui larangan-larangan-Nya.

Shalawat dan salam kita sampaikan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wassalam, kepada keluarganya, kepada para shahabatnya dan Insya Allah kita umatnya yang istiqomah menjalankan sunnah-sunnah beliau hingga akhir zaman. Aamiin YRA

FOTO-2

Bapak2 & Ibu2 Jemaah Sholat Isya dan Qiyamul Ramadhan yang dimuliakan Allah. Insya Allah Malam ini adalah malam pertama kita melaksanakan sholat Qiyamul Ramadhan dan witir .
Perkenankan kami selaku Pengurus Masjid Al-Mu’min Kelapa Gading menyampaikan beberapa informasi mengenai Program-program selama Bulan Ramadhan 1442H dan kegiatan setelah Ramadhan.

Untuk Ramadhan 1442H, Pengurus Masjid Al Mu’min telah menyusun Kepanitiaan Ramadhan, Zakat Infaq Sodaqoh dan Sholat Ied, dimana selaku Ketua Panitia adalah Bp. Ustadz Damanhuri ZA dibantu oleh Sekretaris Bp. Ustadz Payumin dan Bendahara Bp. Ustadz Ahmad Baedlowi, serta dibantu oleh beberapa Seksi-seksi Perayaan Hari Besar Islam dan Remaja, untuk lebih lengkapnya Susunan Panitia akan dipampang pada Papan Pengumuman.
Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wassalam, Bersabda “Wahai manusia, sungguh bulan agung dan penuh berkah telah menaungi kalian. Bulan yang di dalamnya terdapat suatu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Pada bulan itu, Allah menjadikan puasanya sebagai suatu kewajiban dan qiyamul malam harinya sebagai ibadah sunnah.
Siapa yang mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebajikan, maka nilainya sama dengan mengerjakan kewajiban di bulan lain. Siapa yang mengerjakan suatu kewajiban dalam bulan Ramadhan tersebut, maka sama dengan menjalankan tujuh puluh kewajiban di bulan lain.”
1. Malam ini merupakan awal dimulainya kegiatan Ramadhan di Masjid Al-Mu’min, yaitu Sholat Qiyamul Ramadhan dan Witir Berjemaah yang didahului dengan Sholat Isya Berjemaah dan Insya Allah setelah sholat Qiyamul Ramadhan & Witir setiap malam, selama bulan Ramadhan diadakan Tilawah/ Qiroah Al Qur’an One Day One Juz dipandu oleh Ustadz Damanhuri ZA, Tilawah Al Qur’an ini untuk Umum, jadi Bapak bapak dan Ibu ibu dapat mengikuti kegiatan Tilawah ini.

2. Kami juga sudah menyusun daftar Penceramah & Imam Qiyamul Ramadhan 1442 H dan telah di tempel pada papan pengumuman dibawah.

3. Setiap hari selama bulan Ramadhan 1442 H , Pengurus Masjid Al mu’min menyiapkan Ta’jil dan Makanan Berbuka Puasa yang diperuntukkan bagi Para Musafir, Jemaah, Petugas Masjid & Marbot.
Ta’jil dan Makanan Berbuka Puasa ini dipersiapkan oleh Warga Muslim disekitar RW 06 dan Jemaah Masjid Al Mu’min.
Karena dalam Hadits Shahih “Siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang yang berpuasa di bulan Ramadhan, maka ia akan diampuni dosanya, dibebaskan dari api neraka. Orang itu memperoleh pahala seperti orang yang berpuasa tersebut. Sedangkan pahala puasa bagi orang yang melakukannya, tidak berkurang sedikit pun.”

Kami ucapkan terima kasih kepada panitia Ramadhan yang telah berkoordinasi dengan Ibu ibu dan Jemaah Masjid Al Mu’min dalam pelaksanaannya.

4. Pada tanggal 13 April sampai dengan 18 April 2021 Insya Allah kami akan menyelenggarakan Pesantren Ramadhan Masjid Al Mu’min untuk Anak-anak Remaja , bagi Bapak bapak & ibu Ibu yang ingin mendaftarkan Putra-putrinya untuk mengikuti Pesantren Ramadhan dapat mendaftarkannya kepada sekretariat Masjid Al Mu’min. Sekaligus pada wisuda Santriwan dan Santriwati Pesantren Ramadhan akan diadakan Aneka Lomba membaca Al Qur’an dan Hafalan Al Qur’an, yaitu pada tanggal 18 April 2021 sekaligus sebagai penutup dan Insya Allah akan di hadiri oleh para Pembina & Pengurus Masjid al Mu’min

5. Pada tanggal 19 Ramadhan 1442 H bertepatan dengan 1 Mei 2021, Insya Allah kami Pengurus Masjid Al Mu’min akan menyelenggarakan Santunan kepada 140 orang Duafa yang akan dilaksanakan ba’da Dzuhur dan dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada 100 orang Anak Yatim dan Piatu yang Insya Allah akan dilaksanakan ba’da Ashar dan sekaligus mengadakan BUKA BERSAMA dengan Anak Yatim Piatu untuk seluruh pengurus dan Jemaah Masjid Al Mu’min.

6. Di Bulan Ramadhan, bulan yang permulaannya dipenuhi dengan Rahmat, periode pertengahannya dipenuhi dengan Ampunan, pada periode terakhirnya merupakan pembebasan manusia dari Azab Neraka.”
Pada 10 akhir Ramadhan Insya Allah Masjid Al Mu’min akan mengadakan I’tiqaf , jadi Bapak bapak dan ibu ibu dapat melaksanakannya di Masjid al Mu’min.

7. Masjid Al mu’min juga menerima ZIS, Zakat Fitrah, Zakat Mal, Fidiyah dan Sadaqah, Insya Allah kami akan menyaluran kepada yang berhak diutamakan di sekitar Masjid Al-Mu’min sebelum Iedul Fitri 1442H.

8. Sebagai puncak dari kegiatan Ramadhan Masjid Al- Mu’min akan menyelenggaraan Sholat Ied pada 1 Syawal 1442 H di depan Aula Masjid Al-Mu’min dengan Khatib Iedul Fitri dan Imam Sholat Ied Ustadz KH Syatibi Al Farouk MPd dan MAg.

Kegiatan setelah bulan Ramadhan kami Melanjutkan kegiatan Rutin yaitu :
Setiap hari Sabtu Ba’da Sholat Subuh berjemaah kami melaksanakan kajian Tafsir Al Quran dibimbing oleh Ustadz Ahmad Matin LC.
Setiap hari Ahad Ba’da Sholat Subuh berjemaah kami melaksanakan Tholabul Ilmi/ Kajian Ilmu, yang di pandu oleh Ustadz ustadz yang ahli dibidang Tauhid, Fiqih, dan Akhlaq , daftar Ustadz Pelaksana Kajian Ilmu telah kami pampang pada Papan Pengumuman.
Setiap hari Senin sampai dengan Sabtu Ba’da Sholat Dzuhur, ba’da sholat Ashar & ba’da sholat Magrib Pengajian untuk anak anak di bimbing oleh Ustadz Damanhuri.
Setiap Hari Ahad ba’da Magrib Tahsin untuk Remaja di bimbing oleh Ustadz Damanhuri.

Insya Allah setelah Ramadhan Pengajian untuk Ibu ibu dan ahwat akan dilaksanakan seperti sedia kala sebelum Covid setiap Kamis Malam Ba’da Isya.

“Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Datang Ya Ramadhan” kami menyambutmu dengan jiwa yang suci dan tekad yang kuat untuk memakmurkan siang dan malam dengan beribadah demi memperoleh kemulian dan kebaikan yang Allah janjikan
“Ramadhan itu adalah bulan kesabaran; sedangkan ketabahan dan kesabaran, balasannya adalah surga. Ramadhan adalah bulan pertolongan. Pada bulan itu rezeki orang-orang mu’min ditambah.”

Bapak2 dan Ibu2 Jemaah Sholat Qiyamul Ramadhan yang dimuliakan Allah,
Demikianlah rangkaian dari kegiatan Ramadhan dan setelah Ramadhan 1442 H di Masjid Al-Mu’min

Segenap pengurus Masjid Al Mu’min mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar besarnya jika dalam melaksanakan Pelayanan kepada Jemaah Masjid Al Mu’min masih belum sempurna.
Doa kami semua semoga Allah SWT memberikan Kesehatan kepada kita semua sehingga dapat melaksanakan Ibadah selama bulan Ramadhan dengan tenang dan penuh keberkahan. Aamiin YRA

Billahi taufik walhidayah, Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Editor : Ndik