SAMBUTAN KETUA DKM PEMBUKAN BULAN SUCI RAMADHAN 1444 H
8662 Pembaca

23-03-2023



SAMBUTAN KETUA DKM MASJID AL-MU'MIN
PEMBUKAN BULAN SUCI RAMADHAN 1444 H

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

11
Innalhamdalillah nahmaduhu wanasta'inuhu wa nastaghfiruhu wa na'udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a'maalina mayyahdihillaahu falaa mudhil lalah, wa mayyudhlil falaa haadiya lah. Wa Asyhadu allaa ilaaha illallah wah dahu lasyariika lah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu wa rosuuluh.

Ammaa Ba’du
Jamaah shalat tarawih yang berbahagia.
Segala puji hanyalah bagi Allah yang telah menyempurnakan agama-Nya bagi kita, dan mencukupkan nikmat-Nya kepada kita, semoga shalawat dan salam selalu dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam pengajak ke pintu tobat dan pembawa rahmat.


Jamaah shalat tarawih yang berbahagia.
Tidak terasa, perputaran waktu begitu cepat, sehingga kita bisa berjumpa lagi dengan bulan yang agung yaitu bulan Ramadhan 1444 H, dan in syaa Allah kita besok mulai berpuasa.
Kita harus banyak bersyukur, karena ini adalah nikmat yang tiada tara. Nikmat yang sangat besar, jika kita bisa bertemu dengan Ramadhan kembali di tahun ini.
Karena banyak saudara kita yang sudah tidak bisa bertemu dengan Ramadhan, atau bisa bertemu Ramadhan akan tetapi belum bisa berpuasa karena terhalang sakit.

Jamaah shalat tarawih yang berbahagia.
Pasti kita telah mempersiapkan kedatangan bulan yang agung ini, dengan sebaik-baiknya. Seperti mulai memperbanyak ibadah sejak bulan Rajab.


Kami sebagai bagian dari jamaah Masjid Al-Mu’min yang diberikan amanah untuk kepengurusan DKM , In syaa Allah tetap mempertahankan apa yang sudah berjalan dengan baik selama ini, juga akan memfokuskan pada peningkatan kualitas tema kajian-kajian dengan narasumber yang mumpuni di bidangnya, baik kajian-kajian yang berkisanabungan (rutin) maupun yang kajian tematik sesuai kondisi.
Yang paling penting bagi kami adalah adanya suasana keakraban antara jamaah masjid Al Mu’min, untuk menyatukan pengelolaan kegiatan masjid sehingga semakin meningkat, sehingga menimbulkan ghirah semangat untuk beribadah dan masjid bukan hanya sebagai pusat aktifitas keagamaan ibadah/ dakwah saja tetapi juga masjid dapat memberikan kebahagian dan kesejahteraan jamaahnya.


Oleh karena itu harapan kami sebagai bagian dari jamaah yang di amanahkan untuk mengurus masjid yang kita cintai ini adalah terciptanya suasana Ukhuwah Islamiyah, kebersamaan, saling bersilaturrahim dengan tulus, saling bertegur sapa dengan ikhlas, dan saling memaafkan bila ada kekurangan dan kekhilafan, sehingga menimbulkan gairah fastabikul khairat menuju Ridha Allah Subhanahu wata’ala.


Untuk Ramadhan 1444H, Dewan Kemakmuran Masjid Al Mu’min telah menyusun Kepanitiaan Ramadhan, Zakat Fitrah dan Shalat Ied 1444 H
Malam ini merupakan awal dimulainya kegiatan Ramadhan di Masjid Al-Mu’min , yaitu Shalat Tarawih berjamaah yang didahului oleh Shalat Isya berjamaah , sedangkan setiap hari selama bulan Ramadhan, pengurus Masjid Al Mu’min menyiapkan pula Ta’jil berbuka Puasa diperuntukkan bagi para Musafir, Imam, Marbot dan Jamaah .


Tajil dan Makanan Berbuka Puasa dipersiapkan oleh Jamaah Masjid Al Mu’min, wabil khusus ibu ibu RW06 .
Pada pertengahan Ramadhan selama 6 hari akan diselenggarakan Pesantren Ramadhan untuk Anak-anak dan Remaja dan Alhamdulillah sudah lebih dari 40 siswa siswi terdaftar, In syaa Allah lulusan pesantren Ramadhan pada akhir pendidikan.akan diberikan sertifikat.sebagai bukti telah mengikuti dan lulus


Pada tanggal 17 Ramadhan 1444H kami akan menyelenggarakan Santunan Anak Yatim dan Dhuafa sebanyak 250 orang, Kami dari Masjid Al Mu’min ingin berbagi dengan Mereka sekaligus berbuka Puasa bersama untuk seluruh pengurus dan jamaah yang In syaa Allah acara ini berjalan rutin setiap tahunnya di masjid Al Mu’min.


Sebagaimana telah dimulai pada Ramadhan tahun tahun sebelumnya, Masjid Al-Mu’min setiap malam setelah Tarawih menyelenggarakan Tilawah Al Qur’an setiap malam 1 Juz.dan khotmil Al Qur’an 30 Juz pada akhir Ramadhan sebagai penutup, juga akan diselenggarakan Muhasabah pada tanggal 27 Ramadhan.selama I’tiqaf periode 21 sampai 30 Ramadhan yang akan di pandu oleh Ustadz Drs Sugiarto
Pada pekan ke 4 Ramadhan kami akan memulai menerima Zakat Fitrah, Mal, Fidiyah dan Sadaqah, dan mulai menyalurkannya kepada yang berhak yaitu 1.Fakir 2. Miskin . 3. Amil (Pengurus Zakat) 4. Mualaf 5 Riqab Hamba sahaya 6. Gharim (Orang yang berhutang) 7. Sabilillah 8. Ibnu Sabil kehabisan biaya perjalanan
Sebagai puncak dari kegiatan Ramadhan Masjid Al-Mu’min adalah Penyelenggaraan Shalat Ied pada 1 Syawal 1444H dengan Khatib Iedul Fitri Ustadz Abdul Jalil LC MA sekaligus sebagai Imam Shalat Ied.

Mulai dari ibadah puasa, shalat sunnah, sedekah, dan sebagainya. Semua itu, tak lain karena ingin bertemu tamu agung dengan sebaik-baiknya iman dan ibadah.

Maka jamaah shalat tarawih yang berbahagia, inilah beberapa keagungan bulan Ramadhan yang perlu kita ketahui, atau paling tidak, kita ingat kembali.

Pertama, Ramadhan adalah bulan KETAQWAAN.
Makna taqwa sudah populer di telinga kita, yaitu mengerjakan apa-apa yang Allah Subhanahu wa ta'ala perintahkan, dan meninggalkan apa-apa yang Allah larang.
Taqwa adalah buah dari ibadah yang kita lakukan. Maka, seluruh ibadah yang kita lakukan, memiliki target akhir, yaitu ketagwaan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

12
“Hai manusia, sembahlah Tuhanmu Yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertaqwa.” (QS.2 :21)

Maka, begitu pula, ibadah puasa dan semua ibadah yang ada di bulan Ramadhan, dalam rangka menuntun kita untuk menjadi insan yang bertaqwa;

13

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (QS. 2:183)


KeDua Ramadhan Bulan diturunkannya Al-QUR’AN
Ramadhan disebut sebagai bulan penghubung antara langit dan bumi. Mengapa? Karena, Allah memilih menurunkan kitab dan risalah pada bulan Ramadhan.
Ibnu Katsir menyebutkan korelasi ini dalam tafsirnya: ”Allah memuji Ramadhan sebagai bulan yang dipilih untuk diturunkan kitab suciNya yang agung. Bahkan seluruh kitab-kitab samawi yang lain juga diturunkan di bulan Ramadhan seperti yang terungkap dalam riwayat imam Ahmad bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Shahifah Ibrahim diturunkan pada malam pertama bulan Ramadhan, Taurat diturunkan pada hari (malam) keenam bulan Ramadhan, Injil diturunkan pada hari (malam) ketiga belas bulan Ramadhan, Zabur diturunkan pada malam kedelapan belas Ramadhan, sedangkan Al-Qur’an diturunkan pada malam Lailatul Qodar bulan Ramadhan”.

Jamaah shalat tarawih yang berbahagia.
Lebih khusus lagi, keistimewaan Ramadhan adalah turunnya kitab paling agung untuk umat akhir zaman yang paling agung.
Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala

14

“Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)…” (QS. 2 : 185)

KeTiga Ramadhan Terbukanya pintu SURGA dan tertutupnya pintu NERAKA serta SETAN dibelenggu
Jamaah shalat tarawih yang berbahagia.
Hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, “Ketika masuk bulan Ramadhan maka setan-setan dibelenggu, pintu-pintu surga dibuka, dan pintu-pintu neraka ditutup.” Makna pintu-pintu surga dibuka ialah masukilah pinta taubat, tawakal, syukur, ridho, ikhlas, cinta dan peduli sesama . Sedangkan makna pintu-pintu neraka ditutup merujuk pada upaya menusia untuk menutup pintu maksiat, syahwat, ghofalat. Adapun makna setan-setan dibelenggu adalah lebih pada usaha manusia untuk memenjarakan perilaku-perilaku setan pada dirinya. Karenanya, syukurilah dengan berbanyak-banyak amal shalih ibadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, sehingga kita pun dekat dengan surga.

KeEmpat Ramadhan Bulan LAILATUL QADAR
Tak akan kita temukan dalam bulan lain, satu malam yang lebih baik dari seribu bulan.
Malam itu hanya ada dalam bulan Ramadhan. Yaitu, keistimewaan Ramadhan, ada malam lailatul qadar.
Malam kemuliaan lailatul qadar ini merujuk pada malam diturunkannya Al-Qur’an.
Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar.”
“Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?”
“Malam kemuliaan itu lebih baik dari pada seribu bulan.”

KeLima Ramadhan Bulan PENGAMPUNAN DOSA

Jamaah shalat tarawih yang berbahagia.
Ramadhan adalah bulan di mana Allah memberikan ampunan bagi dosa-dosa orang yang berpuasa. Sesuai hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam:
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah bersabda : “Shalat lima waktu, shalat Jumat ke Jumat berikutnya, puasa Ramadhan ke Ramadhan berikutnya, menjadi penghapus dosa-dosa diantara keduanya selama ia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR Imam Muslim (233)

Jamaah shalat tarawih yang berbahagia.
Demikian yang dapat saya sampaikan beberapa dari keutamaan bulan yang agung ini. Mari, kita sambut dengan sebaik-baiknya, dengan amal shalih dan ibadah kita.
Semoga Allah sehatkan kita semua, sehingga besok menjalankan ibadah puasa hari pertama dengan semaksimal mungkin.
Tidak hanya menahan lapar dan haus, namun juga dengan ibadah-ibadah yang banyak

Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, terkhusus saya pribadi jika ada yang baik itu datangnya dari Allah Subhana wa Ta’ala.dan jika ada yang buruk itu datangnya dari diri saya pribadi. Mohon maaf atas kekhilafan tutur kata, Semoga Allah membimbing kita semua ke jalan yang benar

Wabillahi tawfiq wal hidayah, wa ridho wal inayah, wal afwu minkum Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

DOKUMENTASI

FOTO 1

JAMAH 1

JAMAH 2